ANEMI GIZI PADA WANITA HAMIL DI DESA BENDUNGAN KABUPATEN BOGOR

Isi Artikel Utama

Soekartijah Martoatmodjo
Muhilal Muhilal
M. Enoch
Husaini Husaini
Ch. W. Angkuw
Drajat D. Prawiranegara

Abstrak

Penyelidikan anemi gizi pada wanita hamil ini meliputi penyedilikan makanan dan sosial ekonomi, pemeriksaan klinis dan penentuan darah. Tidak terdapat banyak variasi dalam macam bahan makanan sehari-hari dan cara memasaknya. Sebanyak 80% dari jumlah kalori didapat dari beras dan 6-7% dari jumlah kalori didapat dari ikan kering asin. Jika dibandingkan dengan daftar kecukupan zat gizi untuk Indonesia terdapat kekurangan dalam jumlah yang dikonsumsi.

Tidak semua kadar hemoglobin rendah berkolerasi dengan protein serum rendah, besi serum rendah atau hematokrit rendah. Prosentase rata-rata kejenuhan transferrin terdapat pada tingkat perbatasan.

Hasil penyelidikan di desa ini memberikan gambaran adanya prevalensi anemi gizi ringan dan sedang 60 sampai 85%, baik pada wanita hamil maupun tidak hamil.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Martoatmodjo, S., Muhilal, M., Enoch, M., Husaini, H., Angkuw, C. W., & Prawiranegara, D. D. (2012). ANEMI GIZI PADA WANITA HAMIL DI DESA BENDUNGAN KABUPATEN BOGOR. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research). https://doi.org/10.22435/pgm.v0i0.2014.
Bagian
Artikel